Wikipedia Terima Rp 4,5 Miliar Dari Pendiri Google

Wikipedia merupakan ensiklopedia online bebas yang berada dalam naungan Wikimedia Foundation. Dalam penggalangan dana tahunannya, Wikipedia tahun ini mendapatkan banyak bantuan dana dari berbagai pihak untuk memenuhi semua biaya operasional nya. Salah satu penyumbang terbesar berasal dari salah satu pendiri Google, Sergey Brin.
Wikimedia Foundation kembali menggelar penggalangan dana untuk Wikipedia dan situs-situs lain yang mereka kelola pada pertengahan November 2011 ini. Penggalangan dana tahunan ini telah dimulai sejak delapan tahun lalu. Pada tahun 2011, penggalangan dana pada hari pertama telah berhasil mengumpulkan 1,2 juta dollar AS. Salah satu pendonor yang diumumkan adalah Sergey Brin. Dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan operasional Wikipedia, seperti maintenance server, pengelolaan bandwidth, dan juga gaji karyawan.

Pendiri Google ini menghibahkan dana sebesar 500.000 Dollar AS atau sekitar Rp 4,5 miliar kepada Wikimedia Foundation melalui yayasan bernama The Brin Wojcicki Foundation. Yayasan ini adalah milik Sergey Brin dan istrinya, Anne Wojcicki.

Berdasarkan data dari comScore pada Oktober 2011, pengunjung Wikipedia saat ini mencapai 477 juta unique visitors dari seluruh dunia. Hal ini yang menempatkan Wikipedia sebagai situs web kelima yang paling sering dikunjungi di dunia. Meski begitu, Wikimedia Foundation tidak pernah berniat untuk menjadikan situs web ini sebagai ajang komersial dengan memasang iklan.

Selain untuk Wikipedia, Brin Wojcicki Foundation pernah memberikan sumbangan dana untuk Michael J Fox Foundation, yang melakukan penelitian terhadap penyakit parkinson. Selain itu, yayasan ini juga telah memberikan dana kepada Electronics Frontier Foundation, sebuah grup yang memperjuangkan hak asasi manusia di dunia digital.


Sumber: Kompas.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Untung Main Bola Online Di Sbobet? Jangan Salah Pilih Agen Bola!

VIAR Motor Indonesia - Leading Brand Otomotif Indonesia

Ban Terbaik di Indonesia GT Radial