Semangat Dalam Kontes SEO

Semangat dalam kontes SEO memang harus selalu terjaga dan selalu pantang untuk menyerah. Bayangkan saja, perjuangan selama berbulan-bulan, bagi yang mengikuti dari awal, harus dijalani dengan tidak mengenal lelah dan tanpa kata menyerah.
Semangat Dalam Kontes SEO

Dalam kontes SEO, semua mungkin saja terjadi. Awalnya, ketika saya menulis artikel untuk kontes SEO Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia, posisi SERP di Google ada di halaman entah berapa. Setelah seminggu saya coba untuk meengoptimasikan dengan SEO off page, ternyata pada saat menulis artikel ini sudah ada di halaman 16. Memang masih jauh posisinya, tapi lumayan ada perkembangan. Kemudian saya kembali befikir, bahwa kalau saya dari halaman yang tidak terjangkau bisa menembus halaman 16, berarti dari halaman 16 untuk menembus ke halaman satu bukan hal yang mustahil.

Pada kontes SEO lainnya yang saya ikuti, seperti pada kontes SEO VIAR Motor Indonesia, awalnya saya tidak pernah menyangka bisa merasakan halaman satu di Google setelah sebelumnya saya cari-cari sampai males buka halaman belakang Google. Tapi, saat saya menulis artikel ini, artikel saya tentang VIAR Motor Indonesia mengalami sedikit penurunan dan bergeser ke halaman dua di Google. Fiuuh.... Kenapa mesti turun lagi.

Meski demikian, tidak semua usaha pasti membuahkan hasil yang sesuai keinginan kita. Seperti pada kontes SEO lainnya yang juga saya ikuti, artikel saya tentang Ban Terbaik di Indonesia GT Radial, sampai saat ini masih berada di bawah halaman 50-an. Bukan tidak mungkin akan terlempar lebih jauh lagi. Tampaknya, besarnya hadiah yang diberikan dalam kontes SEO sangat berbengaruh pada ramainya persaingan dan keseriusan para peserta kontes SEO untuk terus berusaha menjadi yang terbaik.

Yang sampai saat ini saya masih merasa penasaran, bagaimana memenangkan SERP di Yahoo. Memang benar apa yang banyak saya baca tentang trik-trik SEO, antara SERP Google dan Yahoo memang berbeda. Nah, ini yang sedang saya pelajari. Seperti contoh pada artikel saya tentang Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia tidak pernah tampah di hasil pencarian Yahoo. Tapi, saat saya cek di yahoo site explorer, artikel tersebut sudah ter-index. Sampai saat ini saya masih mencoba mempelajari bagaimana agar bisa masuk di SERP Yahoo dan terus mendorong agar SERP di Google semakin baik.

Meskipun tidak terlalu berharap untuk jadi juara, keikutsertaan saya dalam kontes-kontes SEO semacam ini terutama adalah untuk belajar, belajar bagaimana menjadi blogger yang baik, belajar bagaimana mengoptimasi blog, dan belajar untuk terus bersabar dan menjaga semangat serta konsistensi sebagai seorang blogger.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Untung Main Bola Online Di Sbobet? Jangan Salah Pilih Agen Bola!

VIAR Motor Indonesia - Leading Brand Otomotif Indonesia

Ban Terbaik di Indonesia GT Radial