Cara Paling Mudah Membuat Daftar Isi Blog

Daftar isi blog sebenarnya bukan hal yang mutlak harus ada di sebuah blog. Namun, daftar isi blog akan memberikan kemudahan dan kenyamanan tersendiri kepada pengunjung blog anda. Bayangkan saja bila blog anda berisi ratusan bahkan ribuan artikel, pengunjung blog anda akan kesulitan untuk menemukan artikel-artikel yang telah anda tulis. Besar kemungkinan, mereka hanya akan mengandalkan mesin pencari untuk bisa datang ke blog anda, itupun kalau blog atau artikel blog anda mendapat posisi bagus di hasil pencarian search engine.

Bila pengunjung blog anda sudah bisa berlama-lama berada di blog anda karena dengan mudah menemukan artikel-artikel lain yang telah anda posting, maka blog anda semakin semakin disenangi oleh para pengunjung. Itu artinya, daftar isi blog sangat penting untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung agar betah di blog anda.
Membuat Daftar Isi Blog

Bagaimana cara membuat daftar isi blog?


Dalam artikel ini saya akan membagikan cara paling mudah membuat daftar isi blog. Ada dua pilihan dalam menempatkan daftar isi blog, bisa ditempatkan pada widget, atau bisa juga di halaman khusus daftar isi blog. Berikut langkah-langkah cara paling mudah membuat daftar isi blog:
  1. Buat postingan baru pada blogspot, beri judul Daftar Isi (judul terserah anda).
  2. Pilih opsi Edit HTML
  3. Copy code berikut dan letakkan dalam postingan anda seperti membuat postingan biasa.
  4. <script src="https://sites.google.com/site/filesoepeno/file/sitemapblogger.js?attredirects=0&d=1"> </script> <script src="http://namabloganda.com/feeds/posts/default?max-results=999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"> </script>
  5. Publish. Lihat hasilnya. 
Catatan:
  • Ganti tulisan berwarna merah dengan alamat url blog anda.
  • Agar daftar ini tidak muncul di halaman depan, gantilah tanggal pada pilihan scheduled ke tanggal yang lebih dulu.
  • Untuk melihat contoh nya lihat di halaman sitemap DIGIDOWNLOAD.
Untuk membuat daftar isi blog pada widget, anda tinggal menambahkan widget melalui menu rancangan (design) dan pilih HTML/Javascript, dan masukkan script / kode yang sama seperti di atas. Agar tidak terlalu memakan tempat pada widget, gantilah tulisan warna biru sesuai dengan selera anda. Itu menunjukkan jumlah postingan yang akan ditampilkan pada daftar isi blog di widget.

Bagaimana? Mudah bukan. Itulah cara paling mudah membuat daftar isi blog. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda untuk membuat daftar isi blog.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Untung Main Bola Online Di Sbobet? Jangan Salah Pilih Agen Bola!

VIAR Motor Indonesia - Leading Brand Otomotif Indonesia

Ban Terbaik di Indonesia GT Radial