Install Windows 7 Bawaan Pada Netbook

Udah lama banget ane ga urus ini blog, dan belakangan ane ngerasa kangen sama blog ini, eh ternyata udah ada PageRank nya, 3 lagi.

OK, untuk postingan pertama setelah sekian lama ane ga nulis di blog ini, seperti pada judul, ane mau share soal "Gimana caranya install Windows 7 bawaan pada netbook". Tapi, sebelum kesitu, ane mau sedikit cerita, gimana ane nemuin cara ini, bukan dari starter kit nya ntu netbook, tapi dari googling juga.
Jadi, kemaren ada temen ane dateng ke ane, minta tolong buat ngebenerin netbook nya yang katanya Windows nya rusak. Merek netbook nya kayak ini :



Awalnya ane diagnosa dulu masalahnya apa, dan ternyata benar, OS windows 7 bawaan dari netbook ini rusak. Kerusakan juga menjangkit beberapa program yang udah keinstall di dalamnya. Awalnya bingung juga gimana caranya, yang ane tau musti install ulang dan menggunakan windows bawaan yang udah ketanem di harddisk. Tapi, ane belum tau caranya. Ane googling, beberapa artikel ane baca, dan ketemu satu sumber ngasih cara yang belum pernah ane coba sebelumnya (tapi ane lupa alamat situsnya :D ... Maap ya empunya elmu, ane ga bisa nyantumin link tulisan ente dimari, soalnya begitu nemu caranya, ane lalngsung eksekusek aja tuh netbook...)

Cara yang diberikan sangat lah sederhana, dan masing-masing merek netbook berbeda cara untuk menjalankan Windows recovery nya. Karena yang ane tanganin merek Toshiba, jadi ane share cara ngatasin netbook merek Toshiba doang.

Caranya pertama matikan netbook (shutdown). Setelah netbook mati sempurna, tekan angka 0 (nol/zero) beberapa saat dan diikuti dengan menekan tombol power buat nyalain netbook nya (angka nol tetep diteken ya, jangan dilepas dulu). Tunggu sampe muncul gambar Toshiba di layar langsung lepasing tuh angka nol nya. Jalan deh tuh Windows recovery nya. Dia akan jalan secara otomatis, dan beberapa kali restart, biarin aja sampe selesei.

Sebagai catetan, sebelum install ulang ini dilakukan, ane saranin backup dulu data nya, di semua partisi karena proses install ulang ini secara otomatis bakal ngehapus semua partisi di netbook. Backup nya jangan di harddisk yang sama, pake harddisk lain, bisa harddisk eksternal ato di pindah dulu ke komputer lain yang masih waras.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Untung Main Bola Online Di Sbobet? Jangan Salah Pilih Agen Bola!

VIAR Motor Indonesia - Leading Brand Otomotif Indonesia

Ban Terbaik di Indonesia GT Radial